Senin, 15 Oktober 2012

Cara memilih laptop

Ketika kita tertarik untuk menggunakan laptop, langkah pertama yang mesti dilakukan adalah memahami kebutuhan spesifik kita terhadap laptop.

Berdasarkan jenisnya, kebutuhan terhadap laptop terbagi menjadi 2, yaitu:
1. administrasi (aplikasi office) dan gaul; kebutuhan ini cukup dilayani dengan laptop low end dan kelas menengah.
2. gaming, programmer dan desain grafis, membutuhkan laptop kelas menengah, bahkan high end.


Cara memilih laptop
ü        Pilih operating system (OS): Secara umum ada 3 OS yang populer, yaitu Linux, Windows dan Mac. Disarankan untuk menggunakan software asli karena lebih aman dan terjamin. Pertimbangkan juga kompatibilitas OS yang kita pilih dengan OS komputer/laptop lain yang berhubungan dengan kita.
ü        Tentukan spesifikasi yang dibutuhkan (ukuran layar, VGA, RAM, kapasitas hard disk, ada tidaknya optical drive, wi-fi, webcam, koneksi data, ketahanan batere, berat laptop).
Contoh:
§          Laptop untuk bisnis dan yang sering bepergian (mobile) cocoknya yang ringan dengan layar 10 – 14 inch, kokoh, batere tahan lama dan mendukung untuk melakukan presentasi. Selain itu dilengkapi juga wi-fi, bluetooth dan konektivitas yang lain.
§          Laptop untuk konsultan dan akuntan cocoknya yang 15 inch sehingga lebih leluasa untuk mengerjakan worksheet; dan punya fitur pengamanan data yang canggih.
§           Laptop untuk gamers dan desain grafis harus mempunyai VGA dan memori yang tinggi agar bisa mengolah secara lebih detil dan halus.
§          Laptop untuk di rumah atau kuliah, sekedar aplikasi office, media player, internet browser, video chatting, maka spesifikasi netbook standar seharga 2 jutaan sudah cukup layak.
ü        Tentukan target harga laptopnya. Ingatlah bahwa kebanyakan laptop dijual tanpa OS sehingga kita masih harus menyediakan tambahan dana untuk membeli OSnya. Cari referensi harga di internet sebelum datang ke toko.
ü        Pilih merek yang reputasinya bagus dan jaringan after sales service-nya gampang terjangkau oleh kita. Pertimbangkan juga jangka waktu garansinya. Semakin lama semakin bagus.

Setelah merek dan tipe laptop di tangan, saatnya merealisasikan pembelian. Kita bisa membeli secara online: bhinneka.com, kaskus.com, tokobagus.com dan masih banyak yang lainnya; atau datang ke pusat-pusat elektronik yang sekarang menjamur di mana-mana. Tidak masalah membeli di mana, yang penting harga bagus dan garansi asli.

Pada saat menerima laptop baru, pastikan:

Ø        Tipe laptop sesuai dengan kartu garansinya dan kartu garansi telah dikirim ke vendor sehingga produk Anda telah teregistrasi.
Ø        Keadaan tersegel baik luar maupun dalam. Segel penting karena bila segel dalam terbuka, harga jual kembali akan jatuh
Ø        Uji coba berhasil tanpa keraguan.
Ø        Cek kelengkapan perangkat laptop


Kalo terpaksa harus beli laptop second, perhatikan beberapa hal berikut:
-          Garansi toko
-          Tidak ada titik mati (dead pixel) di layar monitor. Caranya sederhana, ubahlah wallpaper menjadi 1 warna polos dan amati adanya titik-titik matinya. Jika ada, mending pilih laptop yang lain.
-          Spesifikasi laptop sesuai dengan yang diiklankan, termasuk orisinalitas hardware dan software-nya. Banyak penjual “kreatif” yang mengakali daleman laptop untuk mendongkrak harga.
-          Kondisi fisik/penampilan laptop masih oke.
-          Cek kelengkapan aksesoris pendukung laptop. Penjual seringkali menjual aksesoris secara terpisah untuk menambah keuntungan.

Yang tak kalah penting, belilah tas khusus yang ukuran dan bentuknya sesuai laptop serta mampu menahan benturan, agar laptop aman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar